Hindari Mengunjungi Danau-danau Paling Mematikan di Dunia Ini


Danau Nyos
Danau Nyos
Jangan pernah tertipu dengan keindahan sebuah danau karena ternyata ada beberapa danau yang dikategorikan sebagai danau paling mematikan. Salah satunya adalah danau Nyos, sebuah danau kawah api di kawasan Kamerun, Afrika Barat. Danau yang memiliki kedalaman 157 meter dengan bagian terdalamnya mencapai 208 meter ini adalah salah satu dari tiga danau di bumi yang memiliki kadar CO2 yang sangat tinggi yang mengubah air danau menjadi asam karbonat dengan unsur kimia yang mematikan. Karena itulah pada tahun 1986 lalu, sekitar 1700 warga yang tinggal di wilayah tersebut meninggal secara mendadak dan bersamaan. Kabarnya pada malam sebelum kejadian, udara di sekitar danau terasa hangat dan tercium bau telur busuk. Tetapi tiba-tiba pada keesokan harinya, banyak sekali mayat bergelimpangan. Anehnya mereka semua meninggal dengan posisi sedang melakukan aktifitas sehari-hari. Sampai saat ini tidak ada yang tahu pasti penyebab tragedi kematian masal tersebut. Namun para ahli menemukan, warna air Danau Nyos yang tadinya bening berubah menjadi berwarna oranye terang.

Danau paling berbahaya berikutnya adalah danau yang paling tercemar di dunia, Danau Karachay. Danau kecil ini terletak di pegunungan Ural Selatan, Rusia Barat. Sekilas, keindahan yang menakjubkan dari pemandangan yang bisa dilihat di area danau ini sangat memukau. Namun siapa sangka bila ternyata danau ini adalah salah satu tempat yang paling tercemar di bumi. Sejak tahun 1951, pemerintah Uni Soviet membuang limbah radio aktif ke danau ini. Tak heran jika danau ini memiliki tingkat radiasi yang sangat tinggi yang dapat membunuh manusia dalam hitungan beberapa jam saja. Bahkan di musim kering, seperti pada tahun 1958 lalu, debu dari danau dan pantai di sekitarnya telah meradiasi hampir setengah juta orang. Dan sebanyak 7000 warga yang tinggal di daerah tersebut harus direlokasi.

Danau paling berbahaya selanjutnya adalah Boiling Lake atau Danau Mendidih. Danau ini terletak di taman nasional di Dominika. Dikatakan sebagai danau mendidih karena danau ini memang memunculkan gelembung air biru keabu-abuan yang biasanya diselimuti oleh awan uap. Dan hal tersebut membuatnya terlihat seperti danau yang mendidih. Suhu danau ini berkisar antara 82 sampai 91,5 derajat Celcius di sepanjang tepinya. Diperkirakan suhu di tengah danau dapat mencapai 100 derajat Celcius atau titik didih air. Danau yang diprediksi kedalamannya mencapai 59 meter ini tentu saja sangat berbahaya. Karena dengan suhu tadi, tentu semua makhluk yang masuk ke danau akan mati terebus. 

0 komentar: